Cara Buat Iklan yang Efisien
Promosi dengan kampanye iklan dalam dunia bisnis merupakan bagian yang penting. Saat ini, pilihan bentuk dan media iklan sangat beragam, mulai dari media brosur, koran, internet, atau pun memasang poster dan spanduk, serta iklan visual di televisi dan konten video internet. Dalam mendesain sebuah visualisasi iklan yang menarik, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, misalnya komposisi warna, gambar background, tema iklan, dan pemilihan kata-kata promosi yang tepat.
Selain itu ada beberapa tips agar bisa mendapatkan satu hasil yang maksimal dari iklan anda. Apa saja caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
1. Pahami Konsumen Anda
Sebelum Anda menghabiskan waktu dalam mendesain sebuah iklan bagi bisnis anda, pastikan Anda telah memahami pelanggan dan calon konsumen anda. Anda harus mengetahui mengapa mereka mau membeli produk anda? Hal terpenting apa yang dapat dilakukan atau yang diterima oleh mereka? Solusi apa yang bisa anda tawarkan dari produk usaha anda? Dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya.
Jika anda tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, tanyakan saja kepada tenaga penjualan anda atau berbicara langsung dengan para pelanggan. Gunakan jawaban mereka untuk membantu anda dalam menentukan poin terpenting yang akan anda tuangkan pada ikan anda, baik iklan cetak, audio, maupun iklan audio visual.
2. Perhatikan AIDA
AIDA artinya Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Iklan yang akan anda sebar luaskan harus membuat para calon konsumen sedikit tertarik melihatnya, kemudian mulai tergoda untuk membaca atau mendengarnya, selanjutnya menjadi terpengaruh untuk memiliki produk yang ditawarkan, dan pada akhirnya membuat mengambil keputusan untuk get action (misalnya: menelepon, membeli, memesan, atau bergabung dalam bisnis anda).
3. Jangan Memajang Gambar yang Tidak Penting
Sebaiknya anda tidak menghabiskan space brosur anda dengan gambar-gambar yang kurang penting, misalnya kemegahan gedung kantor anda, foto-foto karyawan yang cantik-cantik, dan lainnya. Para calon konsumen hanya membutuhkan detail produk, bukan sesuatu yang dapat membuat mereka menjadi kurang fokus terhadap apa yang anda tawarkan. Deskripsikanlah secara jelas apa saja manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen jika memilih produk anda.
4. Maksimalkan Isi atau Content Iklan Anda
Jangan memuat hal-hal yang kurang penting. Cantumkanlah manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh konsumen, poin-poin utama yang menjadi fokus konsumen, anjuran tindakan selanjutnya, alasan mengapa mereka harus action now, dan tulis cara mereka menghubungi anda dengan mudah.
5. Pilihan Contoh Kata-kata yang Menarik dalam Iklan
Penggunaan kata-kata yang sesuai akan memberikan dampak berlipat terhadap ketertarikan para calon konsumen. Ada banyak pilihan tag kata dalam beriklan yang mampu memberikan kesan khusus dan mendalam bagi para pembaca iklan, antara lain:
1.Kata “Free” alias Gratis
2.Terheboh (Exciting)
3.Kata “Amazing” atau “Menakjubkan”
4.New (Baru)
5.Satu-satunya (The Only)
6.Different (Beda)
7.Bergaransi (Guaranteed)
6. Call To Action
Call to action adalah teknik untuk mendorong calon pembeli untuk segera melakukan pembelian. Teknik ini penting untuk mempercepat closing dari calon prospek Anda.
Berikut ini beberapa contoh Call To Action yang bias Anda gunakan:
1.Reply chat segera sebelum habis!
2.Kontak sekarang juga!
3.Tunggu apa lagi, segera hubungi!
4.Berminat? Reply chat ini
5.Ingin semua bonus ini? Segera chat!
7. Menggunakan Influencer/Orang Terkenal
Jika memang Anda ingin lebih cepat dalam menjangkau pasar yang lebih luas, maka bisa juga menggunakan bantuan influence atau orang terkenal di dalam iklan Anda. Saat ini cukup banyak influencer yang tersebar di berbagai macam media sosial. Salah satu yang paling banyak adalah di Instagram. Dengan memakai jasa mereka, maka iklan Anda bisa menjadi jauh lebih menarik dan jauh lebih cepat diperhatikan oleh orang banyak. Apalagi pengaruh dari influencer bisa juga membuat orang-orang tersebut mau membeli produk Anda.
8. Judul Promo Yang Menarik
Ini merupakan hal yang paliing berpengaruh. Mengapa judul promo harus menarik?
1.Judul promosi yang menarik akan membuat pembaca ingin membaca lebih lanjut penawaran Anda.
2.Kalau judul promosinya sudah tidak menarik, promo kita tidak akan dilirik.
3.Ingat! Tiga detik pertama adalah momen paling kritis dimana Anda harus bias meyakinkan pembaca. Buat judul yang menarik.
Penerapannya:
Gunakan kata-kata yang membuat orang jadi penasaran.
Contohnya seperti ini:
Sudah siap untuk menerima ini?
Cara inilah yang membuat orderan gak berhenti
Akhirnya kejutan datang juga
Sudah tau tentang ini?
Jangan ikut ini.. (jangan ikut kalau Anda sudah sukses)
Catatan: Judul di atas cenderung membuat orang untuk klik iklannya
Itulah beberapa cara membuat iklan yang Efisien. Anda bisa mengikuti beberapa cara di atas secara berbarengan agar bisa menghasilkan satu produk iklan yang berkualitas, menarik, dan bisa langsung diterima oleh banyak orang. Perlu digarisbawahi bahwa membuat iklan tidaklah mudah, tapi jika tahu caranya, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari iklan yang anda buat.
Pesan Ini dipersembahkan oleh Muslim Entrepreneur University
Posting Komentar untuk "Cara Buat Iklan yang Efisien"