Tipe Pelanggan Online & Cara Mengatasinya
Memahami jenis konsumen atau tipe konsumen bisnis online perlu dipelajari oleh pemilik bisnis online. Komunikasi seller – buyer yang hanya melalui jaringan internet dan tidak face-to-face seringkali menjadi kendala dalam bisnis ini.
Memahami karakter konsumen dalam bisnis online akan membantu Anda untuk menentukan strategi penjualan yang bisa diterapkan. Sehingga Anda akan lebih siap dalam melayani keinginan konsumen yang beragam. Berikut ini adalah beberapa tipe konsumen :
1. Si Pencari Harga Terbaik
Ciri-cirinya adalah :
-Fokus nilai barang/jasa per Rupiah
-Mencari barang/jasa dari berbagai website toko online
Banyak pebisnis toko online yang beranggapan bahwa mayoritas pelanggan mereka sangat bervariasi dan sensitif terhadap harga. Tidak sedikit mengatakan ada pelanggan yang tidak mau membayar harga yang telah tertera, banyak yang mencari harga rendah, serta ada yang tidak mencari harga murah. Namun pelanggan tipe ini sebenarnya mencari nilai barang/jasa sesuai dengan harga yang terbaik. Pelanggan yang benar-benar peduli mengenai harga sebenarnya sangat jarang.
Sensitivitas harga bisa diatasi dengan memindahkan perhatian pelanggan ke area keputusan pembelian lainnya dan menghilangkan fokus mereka terhadap harga. Anda juga bisa meningkatkan nilai yang ditawarkan tanpa mengurangi harga.
Cara mengatasi pelanggan tipe ini adalah :
-Paket Produk
Pelanggan yang sensitif mengenai harga tidak selalu ingin mendapatkan harga terendah, namun mereka ingin mendapatkan nilai terbaik. Daripada harus memotong harga, cobalah untuk menggabungkan beberapa produk menjadi satu paket sehingga memiliki nilai lebih. Pilih produk yang mendukung satu sama lain dan berikan tawaran potongan harga untuk paket tersebut.
-Tampilkan Manfaat
Daripada fokus pada semua fitur pada sebuah produk, coba tampilkan dan informasikan mengenai semua keuntungan dan manfaat dari produk tersebut.
2. Si Pencari Produk Terbaik
Ciri-ciri tipe ini adalah :
-Meneliti dengan seksama
-Membandingkan produk-produk yang ada pada sejumlah toko online berbeda
-Takut membuat keputusan karena merasa kurang informasi
Tipe pelanggan online ini akan berbelanja di beberapa toko dan toko online yang berbeda, namun tidak mencari harga terbaik. Mereka akan memastikan dirinya mendapat produk dengan kualitas terbaik dan paling cocok atau sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka sangat takut jika salah membeli sebuah produk.
Untuk memastikannya, tipe ini akan melakukan penelitian yang luas. Mereka akan membandingkan spesifikasi, mencermati fitur-fitur tiap produk dan bahkan mencari pendapat dari ahli terkait.
Cara mengatasi tipe ini adalah :
-Menyediakan Sumber Daya
Tipe pelanggan ini akan mencoba untuk ‘mendidik’ diri mereka sendiri sebelum melakukan pembelian. Bantu mereka dengan menyediakan sumber daya dan informasi yang relevan pada website Anda. Bisa dengan menggunakan video, tutorial, atau bahkan blog.
-Perbandingan
Mengingat tipe pelanggan ini membanding-bandingkan semua pilhan mereka sebelum melakukan pembelian, maka sediakanlah aspek tersebut. Tampilkan perbedaan antara produk Anda dengan produk kompetitor dalam sebuah bentuk pembanding yang nyaman. Hal ini akan menghemat waktu dan membuat konsumen tetap berada pada website Anda.
3. Si Pencari Produk Terbaru
Tipe ini memiliki ciri-ciri :
-Wajib memiliki produk terbaru
-Harus update
-Ingin diketahui orang lain
Tipe pelanggan online ini terobsesi untuk memiliki semua produk terbaru. Mereka akan menggantikan sebuah produk terbaik dengan produk lainnya hanya karena produk lain tersebut adalah sesuatu yang baru atau sedang tren. Tipe ini biasanya adalah mereka yang termasuk kalangan pecinta fashion, kecantikan, teknologi atau industri lainnya yang cepat mengalami perubahan.
Pelanggan online ini ingin terus mengetahui informasi terbaru. Mereka ingin tahu kapan harus memiliki produk terbaru dan jadwal peluncuran produk tersebut. Mereka akan mencari cara untuk terus update dan mendapatkan informasi dari produk atau merek favorit mereka.
Cara mengatasi tipe pelanggan ini adalah :
-Mendorong Pendaftaran Akun
Sebenarnya, tipe pelanggan online ini bisa memberi keuntungan bagi Anda jika memang Anda terus memberikan mereka informasi secara berkala. Pastikan untuk bisa membuat mereka membuat akun pada website Anda. Lakukan hal ini misalnya dengan cara memberikan penawaran potongan harga atau hadiah dalam transaksi yang dilakukan selanjutnya.
-Target Email
Setelah pelanggan mendaftarkan akun mereka pada website Anda, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pemasaran melalui email. Ingat, tipe ini memang suka mendapat informasi namun mereka tidak suka dengan spam. Gunakan email dengan content yang disesuaikan dan relevan dengan produk.
4. Si Pembeli Cepat
Pelanggan online tipe ini memiliki ciri-ciri :
-Melakukan pencarian untuk langsung melakukan transaksi
-Sensitif terhadap waktu
-Mudah hilang
Tipe pelanggan online ini adalah mereka yang sedari awal sudah tahu apa yang mereka cari dan akan langsung membelinya. Mereka melakukan pencarian lewat Google, menemukan toko online Anda dan melakukan pembelian tanpa membandingkannya dengan produk di toko online lainnya. Mungkin tampaknya tipe ini sangatlah menguntungkan bagi Anda, namun mereka mudah menghilang.
Tipe pelanggan online ini mengutamakan kenyamanan. Jika proses transaksi pada toko online Anda memiliki kendala atau lama untuk diakses, mereka akan pergi dan melakukan pembelian di tempat lain. Kendala yang ada disini misalnya akses yang lama, terlalu banyak langkah untuk membayar dan kesalahan lainnya yang membuat pelanggan harus mengulang dalam mengisi formulir pembelian.
Atasi tipe pelanggan ini dengan :
-Proses Checkout yang Sederhana
Tipe pelanggan seperti ini hanya memiliki satu rintangan dalam melaksanakan transaksi pembelian, yaitu proses checkout. Pastikan proses ini dapat dengan mudah dilakukan oleh pelanggan untuk bisa cepat mendapatkan produk yang mereka inginkan. Hal ini termasuk mengurangi jumlah langkah prosedur pembelian, menunjukkan langkah selanjutnya dan bentuk validasi inline. Cara ini juga membantu untuk mengurangi tingkat pelanggan yang meninggalkan cart dan meningkatkan konversi yang lebih baik.
-Izinkan Pelanggan Tamu Untuk Checkout
Meskipun Anda harus mendorong pelanggan untuk membuat akun agar bisa melakukan transaksi, Anda juga harus memberikan kesempatan bagi mereka untuk bisa melakukan transaksi tanpa perlu membuat akun. 30% calon pembeli batal melakukan transaksi jika tidak diberikan pilihan untuk melakukannya sebagai tamu.
5. Si Pencari Pengalaman
Ciri-ciri mereka adalah :
-Ingin terlibat
-Mengejar pengalaman
-Ingin merasa seperti anggota eksklusif
Mereka tidak melakukan pembelian berdasarkan harga ataupun fitur yang ditawarkan, namun akan melakukan transaksi dari toko online yang memberikan pengalaman unik bagi pelanggannya. Tipe ini ingin merasa sebagai bagian dari sesuatu yang penting dan bukan hanya sebagai pelanggan biasa.
Pelanggan online yang masuk ke tipe ini biasa ditemui di industri yang menempatkan pentingnya pengalaman eksklusif dan unik, seperti fashion, kecantikan dan barang-barang mewah. Mereka merasa dirinya ingin ‘bergabung’ dengan perusahaan Anda. Contoh perusahaan yang memberikan pengalaman menarik bagi pelanggannya adalah Frank & Oak, Starbucks dan Sephora.
Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda melakukan :
-Langganan
Sebuah layanan berlangganan menyediakan cara yang unik untuk pelanggan tipe ini dalam melakukan pembelian produk. Banyak toko online kecil yang memanfaatkan layanan berlangganan sebagai penawaran unik, misalnya saja memungkinkan pelanggan untuk berlangganan produk acak setiap bulannya dengan harga tertentu. Produk yang acak atau random ini adalah pengalaman yang dicari oleh tipe pelanggan tersebut.
-Program Loyalitas
Program ini merupakan cara yang bagus untuk menciptakan pengalaman unik. Cara ini memungkinkan pelanggan Anda untuk menjadi anggota dan bagian dari perusahaan atau merek Anda. Program loyalitas juga dapat memberikan rasa “eksklusif” dengan menciptakan program berjenjang.
Setelah Anda mengetahui mengenai tipe-tipe pelanggan toko online Anda, maka Anda tinggal melakukan penyesuaian cara pemasaran agar mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Setiap konsumen pasti memiliki alasan dalam mengambil keputusan sebelum membeli, yang perlu Anda lakukan sebagai pemilik adalah memahami alasan tersebut dan menawarkan solusi yang efektif.
Pesan Ini dipersembahkan oleh Muslim Entrepreneur University
Posting Komentar untuk "Tipe Pelanggan Online & Cara Mengatasinya"